Senin, 02 April 2012

SUPERVISI AKADEMIK


MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mandiri Mata Kuliah
Evaluasi Program Pendidikan

Dosen :
Prof. Dr. H. Abdul Madjid Latief, MM, M.Pd

















Oleh :

ABDUL S.E 








UNIVERSITAS PROF. DR. HAMKA
PROGRAM PASCA SARJANA
PROGRAM STUDY MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
JAKARTA
2011


KATA PENGANTAR



Segala puji bagi Alloh, Tuhan seru sekalian alam yang telah melimpahkan Rahmat serta Hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam semoga tetap tersanjungkan kepada baginda Rosul Muhammad SAW yang dengan jerih payahnya telah mampu merubah peradaban yang penuh dengan kebaikan.
 Dalam kesempatan ini, dengan penuh rasa suka cita penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini, terutama kepada dosen mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan yang telah memberikan kepercayaannya kepada kami untuk membuat makalah yang kami beri judul “SUPERVISI AKADEMIK” .
Penulis  juga mengharapkan saran-saran dari para pembaca agar dalam pembuatan makalah yang berikutnya lebih sempurna lagi.




Jakarta , 25 Oktober 2011
 Penulis









BAB I
 PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/madrasah menegaskan bahwa seorang kepala sekolah/madrasah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal yaitu: kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervise dan social.
Sosialisasi dan bimbingan supervise akademik yang telah dilaksanakan selama ini ternyata masih belum memadai untuk menjangkau seluruh kepala sekolah/madrasah dalam waktu yang relative singkat. Intensitas dan kedalaman penguasaan materi kurang dapat dicapai dengan kedua strategi ini karena terbatasnya waktu.
Berdasarkan kenyataan tersebut dan demi mendukung peran kepala sekolah/madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah /madrasah maka dibutuhkan kepala sekolah/madrasah yang kuat. Dengan kepala sekolah/madrasah yang kuat diharapkan dapat membimbing, menjadi contoh, dan menggerakan guru dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah. Oleh karena itu, program penguatan kepala sekolah/madrasah sebagaimana ditetapkan sebagai Program 100 hari Mendiknas merupakan upaya yang sangat penting untuk menghasilkan kepala sekolah/madrasah yang kuat didalam mewujudkan kualitas peserta didik yang diharapkan yaitu berfikir kritis, kreatif, inovatip, dan berjiwa kewirausahaan (entrepreneurship).

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka penulis dapat mengindentifikasikan permasalahan sebagai berikut:
1.       Masalah kualitas pendidik secara profesional kurang memadai
2.      Masalah terbatasnya waktu dalam mensosialisasikan program supervise akademik
3.      Masalah rendahnya mengenai arti pentingnya supervise bagi peningkatan kualitas peserta didik

C.     Pembatasan Masalah
Dari berbagai masalah yang berkaitan dengan supervise akademik, maka penulis membatasi masalahnya sebagai berikut:
1.       Pengaruh supervise akademik terhadap kualitas guru
2.      Pengaruh supervise akademik terhadap kualitas peserta didik
3.      Konstribusi supervise akademik terhadap kualitas peserta didik

D.    Perumusan Masalah
Masalah dalam penulisan ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah terdapat pengaruh supervise akademi terhadap peningkatan mutu peserta didik?

E.     Tujuan Penulisan
Atas dasar rumusan masalah di atas maka penulisan makalah ini bertujuan :
1.       Membantu guru mengembangkan kompetensinya
2.      Mengembangkan kurikulum
3.      Mengembangkan kelompok kerja guru dan membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987)

F.     Manfaat Penulisan
Manfaat yang diharapkan dari penulisan makalah ini:
1.       Dapat memberi sumbangan terhadap dunia pendidikan, sehingga dapat memperkaya studi tentang pentingnya supervise akademik.
2.      Dapat menjadi acuan oleh para kepala sekolah/madrasah yang akan melakukan supervise akademik untuk membantu gurunya dalam meningkatkan profesionalismenya.





BAB II
SUPERVISI AKADEMIK

Supervise akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al;2007).  Supervise akademik tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi praktis penilaian kinerja guru dalam supervise akademik adalah melihat kondisi nyata kinerja guru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, misalnya apa yang terjadi di dalam kelas?, apa yang sebenarnya dilakukan oleh guru dan peserta didik di dalam kelas ?, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan aktifitas di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan peserta didik?, apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara mengembangkannya? Berdasarkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan diperoleh informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Namun satu hal yang perlu ditegaskan disini, bahwa setelah melakukan penilaian kinerja bukan berarti selesailah pelaksanaan supervise akademik, melainkan harus dilanjutkan dengan tindak lanjut berupa pembuatan program supervise akademik dan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.
Supervise akademik merupakan salah satu fungsi mendasar (essential function) dalam keseluruhan program sekolah (Weingartner, 1973; Alfonso dkk, 1981; Glickman, el al; 2007). Hasil supervise akademik berfungsi sebagai sumber informasi bagi pengembangan profesionalisme guru.

A.     Program Supervisi Akademik
Salah satu tugas kepala sekolah adalah merencanakan supervise akademik. Agar kepala sekolah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, maka kepala sekolah harus memiliki kompetensi membuat rencana program akademik.
1.       Konsep Perencanaan Program Supervisi Akademik
Perencanaan program supervise akademik adalah penyusunan dokumen perencanaan pemantauan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

2.      Manfaat Perencanaan Program Supervisi Akademik
Manfaat perencanaan program supervise akademik adalah sebagai berikut:
a.     Sebagai pedoman pelaksanaan dan pengawasan akademik
b.     Untuk menyamakan persepsi seluruh warga sekolah tentang program supervise akademik
c.      Penjamin penghematan serta keefektifan penggunaan sumber daya sekolah (tenaga, waktu dan biaya)

3.      Prinsip-Prinsip Perencanaan Program Supervisi Akademik
Prinsip-prinsip perencanaan program supervisi akademik adalah:
a.     Obyektif (data apa adanya)
b.     Bertanggung jawab
c.      Berkelanjutan
d.     Didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan
e.      Didasarkan pada kebutuhan dan kondisi sekolah/madrasah

4.      Ruang Lingkup Supervisi Akademik
Ruang lingkup supervise akademik meliputi:
a.     Pelaksanaan KTSP
b.     Persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran oleh guru
c.      Pencapaian standar kompetensi lulusan, standar proses, standar isi, dan peraturan pelaksanaannya.
d.     Peningkatan mutu pembelajaran melalui pengembangan sebagai berikut:
1.       Model pembelajaran yang mengacu pada standar proses
2.      Peran serta didikdalam proses pembelajaran secara aktif, kreatif, demokratis, mendidik, memotivasi, mendorong kreativitas dan dialogis
3.      Peserta didik dapat membentuk karakter dan memiliki pola piker serta kebebasan berfikir sehinggga dapat melaksanakan aktifitas intelektualn yang kreatif dan inovatif, berargumentasi, mengkaji dan menemukan serta memprediksi
4.      Keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses belajar yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan mendalam untuk mencapai pemahaman konsep, tidak terbatas pada materi yang diberikan oleh guru.
5.      Bertanggung jawab terhadap mutu perencanaan kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diampunya agar peserta didik mampu:
a.     Meningkatkan rasa ingin tahu
b.     Mencapai keberhasilan belajarnya secara konsisten sesuai dengan tujuan pendidikan
c.      Memahami perkembangan pengetahuan dengan kemampuan mencari sumber informasi
d.     Mengolah informasi menjadi pengetahuan
e.      Menggunakan penangetahuan untuk menyelesaikan masalah
f.       Mengkomunikasikan pengetahuan pada pihak lain
g.      Mengembangkan belajar mandiri dan kelompok dengan proporsi yang wajar
Supervise akademik juga mencakup buku kurikulum, kegiatan belajar mengajar dan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Supervise akademik tidak kalah pentingnya debanding dengan supervise administrative. Sasaran utama adukatif adalah proses pelajar dengan tujuan meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran. Variable yang mempengaruhi proses pembelajaran antara lain guru, peserta didik, kurikulum, alat dan buku pelajaran serta kondisi lingkungan dan fisik. Oleh karena itu focus utama akademik adalah usaha-usaha yang sifatnya memberikan kesempatan kepada guru untuk berkembang secara professional sehingga mampu melaksanakan tugas pokoknya, yaitu: memperbaiki dan meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
Sasaran utama supervise adalah kemampuan-kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memanfaatkan sumber belajar yang tersedia, dan mengembangkan interaksi pembelajaran (strategi, metode, teknik) yang tepat.

6.      Model Supervisi Akademik
Model supervise akademik ada dua, yaitu:
a.     Model Supervisi Tradisional
1.       Observasi langsung
2.      Observasi Tidak Langsung
-        Tes dadakan
Sebaiknya soal yang diberikan sudah diketahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Soal yang diberikan sesuai dengan yang sudah dipelajari peserta didik waktu itu.
-        Diskusi kasus
Supervisor dengan guru mendiskusikan kasus demi kasus, mencari akar permasalahan dan mencari berbagai alternative jalan keluarnya.
-        Metode angket
Angket ini berisi pokok-pokok pemikiran yang berkaitan erat dan mencerminkan penampilan, kinerja guru, kualifikasi hubungan guru dengan siswanya.

b.     Model Kontemporer (masa kini)
Supervise akademik model kontemporer dilaksanakan dengan pendekatan klinis. Supervise dengan pendekatan klinis, merupakan supervise akademik yang bersifat kolaboratif. Prosedur supervise klinis sama dengan supervise akademik langsung.
Perencanaan Supervisi Klinis:
Menurut Sullivan dan Glanz (2005) ada 4 langkah , yaitu:
a.     Perencanaan pertemuan
b.     Obsdervasi
c.      Pertemuan berikutnya
d.     Refleksi kolaborasi





BAB III
TEKNIK – TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK

Untuk melaksanakan supervise akademik secara efektif diperlukan ketrampilan konseptual, interpersonal dan teknikal (Glickman, et al; 2007). Oleh sebab itu setiap kepala sekolah harus memiliki ketrampilan teknikal berupa kemampuan menerapkan teknik-teknik supervise yang tepat dalam melaksanakan supervise akademik.
Teknik supervise akadfemik ada dua, yaitu teknik supervise individual dan teknik supervise kelompok (Gwyn,1961)
1.       Teknik Supervisi Individual
Teknik supervise individual adalah pelaksanaan supervise perorangan. Dimanana teknik supervise individual ada lima macam; kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, menilai diri sendiri. Ada beberapa cara melaksanakan kunjungan kelas; dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu tergantung sifat tujuan dan masalahnya, atas permintaan yang guru bersangkutan, tujuan kunjungan harus jelas. Adapun aspek yang diobservasi di dalam kelas , meliputi; usaha-usaha dan aktifitas guru-peserta didik dalam proses pembelajaran, ketepatan penggunakan metode dengan materi, reaksi mental para peserta didik dalam proses belajar mengajar. Dimana tahap pelaksanaan observasi kelas meliputi; tahap persiapan, tahap pelaksanaan, penutupan, penilaian hasil observasi dan tindak lanjut.

2.      Supervisi Kelompok
Teknik supervise kelompok adalah cara melaksanakan program supervise yang ditujukan pada dua orang atau lebih. Kemudian kepada mereka diberikan layanan supervise sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan yang mereka hadapi. Ada beberapa teknik supervise kelompok diantaranya:

1.       Kerja kelompok
2.      Laboratorium dan kurikulum
3.      Membaca terpimpin
4.      Demonstrasi pembelajaran
5.      Kuliah/studi
6.      Diskusi  teknik-teknik di atas belum tentu cocok diterapkan untuk semua pembinaan guru di sekolah. Oleh sebab itu, seorang kepala sekolah harus mampu menetapkan teknik mana yang sekiranya mampu membina ketrampilan pembelajaran seorang guru. Untuk menetapkan teknik yang tepat tidak mudah. Seorang kepala sekolah, selain harus mengetahui aspek atau bidang ketrampilan yang akan dibina, juga harus mengetahui karakteristik setiap teknik diatas dan sifat atau kepribadian guru sehingga teknik yang digunakan betul-betul sesuai dengan guru yang sedang dibina melalui supervise akademik. Enam  hal yang bias dijadikan kepala sekolah dalam mensupervisi guru adalah; kebutuhan guru, minat guru, temperamen guru, sikap guru, dan sifat0-sifat somatic guru.
Setelah kegiatan supervise akademik itu dilaksanakan maka tahap selanjutnya adalah mengadakan tindak lanjut dari hasil supervise akademik terhadap guru. Hasil supervise perlu ditindaklanjuti agar memberikan dampak yang nyata untuk meningkatkan profesionalisme guru.
Dampak nyata ini diharapkan dapat dirasakan masyarakat maupun stakeholders. Tindak lanjut tersebut berupa: penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhu standard an guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut.





BAB IV
KESIMPULAN
Dari penjelasan Bab I sampai dengan BabIII maka penulis dapat mengambil kesimpulan, yaitu:
1.       Supervise akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2.      Adapun perencanaan program supervisi akademik adalah penyusunan dokumen perencanaan pemantauan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkam kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
3.      Teknik supervise ada dua macam, yaitu: teknik supervise individual adalah pelaksanakan supervise perseorangan terhadap guru. Selanjutnya, teknik supervisi kelompok adalah satu cara melaksanakan program supervisi yang ditujukan pada dua orang atau lebih.
4.      Hasil supervise harus ditindak lanjuti agar memberikan dampak nyata untuk meningkatkan profesionalisme guru. Dampak nyata ini diharapkan dapat dirasakan masyarakat maupun stakeholders.















DAFTAR PUSTAKA

Glickman, C.D. 2007. Supervision and Instructional Leadership A Development Aooroach. Seventh Edition. Boston:Perason

Sergiovanni, T.J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculumn Development

Sullivan, S. & Glanz, J. 2005. Supervision that Improving Teaching Strategies and Techniques. Thousand Oaks, California: Corwin Press

Bacaan yang disarankan:

Supervise Akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. 2006. Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Pendidikan Dasar. Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK Depdiknas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar