Selasa, 16 Agustus 2011

SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PERHITUNGAN MINGGGU EFEKTIF SELAMA SATU TAHUN Semester Bulan Jumlah Ket Minggu Minggu Efektif Minggu Tidak Efektif 1 Juli 4 3 1 Libur Awal Tahun Pelajaran Agustus 5 3 2 Libur Ramadhan September 5 3 2 Libur Idul Fitri Oktober 4 4 - November 5 5 - Desember 5 3 2 Libur Semester Jumlah 28 21 7 2 Januari 5 4 1 Libur awal semester Februari 4 4 - Maret 5 4 1 April 4 2 2 Libur Perkiraan UN Mei 5 4 1 Juni 4 2 2 Libur Akhir Semester Jumlah 27 20 7 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM KTSP SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Kelas : X Ak 1 & 2, 3 Tahun Pelajaran : 2011 / 2012 Standar Kompetensi : Mengerjakan Persamaan Dasar Akuntansi Kode : B.1 NO Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu Ket 1 Memahami Dasar – Dasar Akuntansi • Pengertian Akuntansi dijelaskan dengan benar • Indikator spesialisasi dalam akuntansi ter identifikasi • Tugas – Tugas jabatan dalam Akuntansi terdiskripsikan • Pihak – Pikak yang membutuhkan informasiteridentifikasi 4 2 Mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi • Transaksi keuangan teridentifikasi • Bentuk – bentuk persamaan dasar akuntansi • Transaksi dibukukan ke dalam persamaan dasar akuntansi 6 3 Menyusun laporan keuangan dari persaman dasar akuntansi • Harta , Utang dan Modal telah dikelompokan • Laporan keuangan tersusun 8 Jumlah 18 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM KTSP SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Kelas : X Ak 1 & 2, 3 Tahun Pelajaran : 2011 / 2012 Standar Kompetensi : Mengelola Bukti Transaksi Kode : B.2 NO Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu Ket 1 Menyiapkan bukti transaksi keuangan • Peralatan yang dibutuhkan untuk penyiapan bukti transaksi tersedia • Bukti transaksi keuangan yang diperlukan tersedia 6 2 Menganalisa bukti transaksi keuangan • Akun – Akun terkait yang akan di debit dan di kredit teridentifikasi • Jumlah rupiah akun – akun yang akan didebit dan di kredit teridentifikasi 6 3 Menyimpan bukti transaksi • Peralatan yang dibutuhkan untuk penyimpanan bukti transaksi tersedia • Bukti transaksi keuangan tersimpan 6 Jumlah 18 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM KTSP SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Kelas : X Ak 1 & 2, 3 Tahun Pelajaran : 2011 / 2012 Standar Kompetensi : Mengelola buku jurnal Kode : AK – JS-012A; AK-DG-015A; AK-MN-017A NO Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu Ket 1 Menyiapkan pengelolaan buku jurnal Peralatan untuk pengelolaan jurnal tersedia • Data transaksi yang diperlukan tersedia • Data transaksi diidentifikasi • Pengelolaan buku jurnal siap di kerjakan 10 2 Melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal • Akun – akun yang akan didebit dan dikredit teridentifikasi • Jumlah rupiah akun – akun yang akan didebit dan dikredit teridentifikasi • Buku jurnal yang diperlukan untuk keperluan pencatatan transaksi teridentifikasi • Transaksi tercatat dalam buku jurnal yang tepat dan dalam jumlah yang benar 16 3 Melakukan rekapitulasi jurnal • Jumlah debit dan kredit pada buku jurnal tersajikan dalam jumlah angka yang sama • Rekapitulasi untuk setiap akun tersajikan sesuai dengan format yang telah ditetapkan 10 Jumlah 36 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM KTSP SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Kelas : X Ak 1 & 2, 3 Tahun Pelajaran : 2011 / 2012 Standar Kompetensi : Mengelola buku besar Kode : AK-JS-013A; AK-DG-016A; AK-MN-018A NO Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu Ket 1 Mempersiapkan penngelolaan buku besar • Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaanbuku besar dan buku pembantu tersedia • Buku besar yang dibutuhkan tersedia • Rekapitulasi jurnal tersedia • Bukti – bukti transaksi tersedia • Buku pembantu yang diperlukan tersedia 6 2 Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar • Akun – akun dalam buku besar yang diperlukan telah teridentifikasi • Jumlah yang ada dalam rekapitulasi jurnal terbukukan 9 3 Melakukan pencocokan saldo akun dalam buku besar dengan buku pembantu • Selisih ( kurang / lebih ) saldo akun dalam buku besar dan pembantu teridentifikasi • Selisih (kurang/Lebih) saldo akun dalam buku besar dan pembantu terbukukan 6 4 Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar • Dalam saldo akun dalam buku besar tersajikan sesuai dengan format yang telah ditetapkan 6 Jumlah 27 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM KTSP SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Kelas : X Ak 1 & 2, 3 Tahun Pelajaran : 2011 / 2012 Standar Kompetensi : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang Kode : AK-JS-014A; AK-DG-017A NO Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu Ket 1 Menyiapkan proses penyusunan laporan keuangan. • Peralatan yang dibutuhkan untuk penyusunan laporan keuangan tersedia • Daftar saldo akun dalam buku besar tersedia • Kertas kerja penyusunan laporan keuangan tersedia • Dokumen jurnal penyesuaian tersedia • Buku jurnal, buku besar dan buku pembantu yang akan dipergunakan dalam proses penyesuaian tersedia 10 2 Menyusun neraca lajur • Neraca lajur tersajikan • Jumlah rupiah debit dan kredit menunjukan jumlah angka yang sama tersajikan 20 3 Menyusun laporan keuangan • Data yang diperlukan untuk keperluan penyusunan laporan keuangan teridentifikasi • Laporan laba – rugi , neraca laporan modal atau laporan saldo laba , laporan arus kas dan laporan tambahan lain yang diperlukan perusahaan tersajikan. 15 Jumlah Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM KTSP SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Kelas : X Ak 1 & 2, 3 Tahun Pelajaran : 2011 / 2012 Standar Kompetensi : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang Kode : AK-JS-014A; AK-DG-017A NO Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu Ket 4 Membuat jurnal penyesuaian • Dokumen jurnal penyesuaian teridentifikasi • Akun yang didebit dan dikredit teridentifikasi • Jumlah rupiah akun yang didebit dan dikredit teridentifikasi • Jurnal penyesuaian tercatat • Rekapitulasi jurnal penyesuaian untuk setiap akun tersajikan 10 5 Membukukan jurnal penyesuaian • Akun buku besar dan buku pembantu yang diperlukan yang diperlukan teridentifikasi • Jurnal penyesuaian terbukukan 8 6 Membuat jurnal penutup • Dokumen jurnal penutup teridentipikasi • Akun yang didebit dan dikredit teridentifikasi • Jumlah rupiah akun yang didebit dan dikredit teridentifikasi • Jurnal penutup tercatat • Rekapitulasi jurnal penuytup untuk setiap akun tersajikan 10 Jumlah Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM KTSP SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Kelas : X Ak 1 & 2, 3 Tahun Pelajaran : 2011 / 2012 Standar Kompetensi : Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang Kode : AK-JS-014A; AK-DG-017A NO Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu Ket 7 Membukukan jurnal penutup • Akun buku besar dan buku pembantu yang diperlukan teridentifikasi • Jurnal penutup terbukukan 8 8 Menyusun daftar saldo setelah penutupan • Data yang akan dipergunakan untuk keperluan penyusunan daftar saldo setelah penutupan teridentifikasi • Daftar saldo setelah penutupan tersajikan 10 Jumlah 91 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM SEMESTER Mata Diklat : Produktif Akuntansi Program study : Akuntansi Kelas / Tingkat : X/1 Semester : 1 ( satu ) A. Alokasi waktu No Bulan Jumlah Minggu Minggu Efektif Minggu tidak Efektif Ket 1 Juli 4 3 1 2 Agustus 5 3 2 3 September 5 3 2 4 Oktober 4 4 - 5 Nopember 5 5 - 6 Desember 5 3 2 Jumlah 28 21 7 Jumlah Minggu Efektif = 21 Minggu Jumlah Jam Efektif = …………….x………..Jam= ……….. Jam B. Distribusi Jam Pelajaran No Kompetensi Dasar Jam Pelajaran Ket 1 Memahami Dasar – Dasar Akuntansi 4 2 Mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi 6 3 Menyusun laporan keuangan dari persaman dasar akuntansi 8 4 Menyiapkan bukti transaksi keuangan 6 5 Menganalisa bukti transaksi keuangan 6 6 Menyimpan bukti transaksi 6 7 Menyiapkan pengelolaan buku jurnal 10 8 Melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal 16 9 Melakukan rekapitulasi jurnal 10 Jumlah 72 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG Jl. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jak – SeL ( 021 ) 788-44-934 website : www. smkbhayangkari.org PROGRAM SEMESTER Mata Diklat : Produktif Akuntansi Program study : Akuntansi Kelas / Tingkat : X/1 Semester : 2 (Dua) A. Alokasi waktu No Bulan Jumlah Minggu Minggu Efektif Minggu tidak Efektif Ket 1 Januari 5 4 1 2 Februari 4 4 - 3 Maret 5 4 1 4 April 4 2 2 5 Mei 5 4 1 6 Juni 4 2 2 Jumlah 27 20 7 Jumlah Minggu Efektif = 21 Minggu Jumlah Jam Efektif = ……..x…….Jam = …….. Jam B. Distribusi Jam Pelajaran No Kompetensi Dasar Jam Pelajaran Ket 1 Mempersiapkan penngelolaan buku besar 6 2 Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar 6 3 Melakukan pencocokan saldo akun dalam buku besar 6 4 Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar 6 5 Menyiapkan proses penyusunan laporan keuangan. 10 6 Menyusun neraca lajur 20 7 Menyusun laporan keuangan 15 8 Membuat jurnal penyesuaian 10 9 Membukukan jurnal penyesuaian 8 10 Membuat jurnal penutup 10 11 Membukukan jurnal penutup 8 12 Menyusun daftar saldo setelah penutupan 10 Jumlah 115 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E PROGRAM SEMESTER KURIKULUM KTSP TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011 Program Diklat : Produktif Akuntansi Program Keahlian : Akuntansi Kelas / Tingkat : X / 1 Jumlah Jam Tatap Muka Perminggu : 7 X 45 Menit Semester : 1 ( Satu ) No Unit Kompetensi / Sub kompetensi Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober November Desember 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 I Mengerjakan Persamaan Dasar Akuntansi 1 Memahami Dasar – Dasar Akuntansi 4 2 Mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi 6 3 Menyusun laporan keuangan dari persaman dasar akuntansi 8 II Mengelola Bukti Transaksi 1 Menyiapkan bukti transaksi keuangan 6 2 Menganalisa bukti transaksi keuangan 6 3 Menyimpan bukti transaksi 6 III Mengelola Buku Jurnal 1 Menyiapkan pengelolaan buku jurnal 10 2 Melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal 16 3 Melakukan rekapitulasi jurnal 10 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E PROGRAM SEMESTER KURIKULUM KTSP TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011 Program Diklat : Produktif Akuntansi Program Keahlian : Akuntansi Kelas / Tingkat : X / 1 Jumlah Jam Tatap Muka Perminggu : 7 X 45 Menit Semester : 2 ( Dua) No Unit Kompetensi / Sub kompetensi Alokasi Waktu Januari Februari Maret April Mei Juni 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 I Mengelola Buku Besar 1 Mempersiapkan penngelolaan buku besar 6 2 Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar 6 3 Melakukan pencocokan saldo akun dalam buku besar dengan buku pembantu 6 4 Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar 6 II Menyusun Laporan Keuangan Jasa dan Dagang 1 Menyiapkan proses penyusunan laporan keuangan. 10 2 Menyusun neraca lajur 20 3 Menyusun laporan keuangan 15 4 Membuat jurnal penyesuaian 10 5 Membukukan jurnal penyesuaian 8 6 Membuat jurnal penutup 10 7 Membukukan jurnal penutup 8 8 Menyusun daftar saldo setelah penutupan 10 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester : X / 1 Pertemuan Ke : 1 dan 2 Alokasi Waktu : 6 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengerjakan perssamaan dasar akuntansi Kompetensi Dasar : Memahami dasar dasar akuntansi Indikator : * Memahami pengertian akuntansi • Mendeskripsikan spesialisasi adalam akuntansi • Mendeskripsikan tugas jabatan dalam akuntansi • Mendeskripsikan pihak yang membutuhkan informasi I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa diharapkan dapat a. Menyebutkan pengertian akuntansi b. Menjelaskan spesialisasi dalam akuntansi II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN ( Materi Pokok )  Pengertian Akuntansi  Spesialisasi dalam akuntansi III. PEMBENTUKAN NILAI – NILAI KEBANGSAAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab IV. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Diskusi Kelompok  Praktek IV. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN PERTEMUAN Ke 1 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar dan Indikator yang akan dipelajari.  Memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mempelajari Akuntansi dalam kehidupan sehari – hari.  Mengarahkan siswa cara mempelajari materi Persamaan Dasar Akuntansi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang : a. Pengertian Akuntansi b. Indikator spesialisasi dalam akuntansi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku – buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan Umpan Balik atas pertanyaan dari Siswa  Menegaskan pemahaman tentang persamaan dasar akuntansi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhr ( Penutup 15 Menit )  Membuat resume / rangkuman secara bersama – sama tentang bahasan : a. Pengertian Akuntansi b. Indikator spesialisasi dalam akuntansi  Mengadakan latihan / evaluasi  Penugasan / observasi  Mengadakan post test PERTEMUAN Ke 2 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar dan Indikator yang akan dipelajari.  Memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mempelajari Akuntansi dalam kehidupan sehari – hari.  Mengarahkan siswa cara mempelajari materi Persamaan Dasar Akuntansi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang : a . Deskripsi tugas dalam jabatan dalam bidang akuntansi b. Pihak – pihak yang membutuhkan informasi c. Prinsip – prinsip akuntansi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku – buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan Umpan Balik atas pertanyaan dari Siswa  Menegaskan pemahaman tentang persamaan dasar akuntansi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhr ( Penutup 15 Menit )  Membuat resume / rangkuman secara bersama – sama tentang bahasan : a. Pengertian Akuntansi b. Indikator spesialisasi dalam akuntansi c. Deskripsi tugas dalam jabatan dalam bidang akuntansi d. Pihak – pihak yang membutuhkan informasi e. Prinsip – prinsip akuntansi  Mengadakan latihan / evaluasi  Penugasan / observasi  Mengadakan post test V. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Laptop  Format / Dokumen yang diperlukan  LCD ( Fokus ) B.Sumber :  Buku modul  Buku sumber yang relevan VI. Penilaian  Test Tetulis berbentuk pilihan ganda Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk soal-soal di bawah mil 1. Dilihatdari fungsinya, akuntansi diartikan sebagai .... a. suatu alat untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dalam perusahaan b. suatu aktivitas penyediaan data keuangan perusahaan yang penting bagi pihak-pihak yang memerlukan c. rangkaian kegiatan yang meliputi pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan d. kumpulan catatan mengenai transaksi keuangan yang terjadi pada periode tertentu e. ikhtisar keuangan sebagai pertanggungjawaban pimpinan perusahaan 2. Hasil akhir dari proses akuntansi adalah .... a. catatan mengenai transaksi yang terjadi pada suatu periods tertentu b. transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan selama satu periode c. keputusan pimpinan perusahaan d. catatan mengenai perubahan harta, hutang, modal perusahaan selama periode tertentu e. laporan keuangan dalam bentuk neraca, laporan laba/rugi, dan lain-lainnya 3. Akuntansi disebut sebagai bahasa dunia usaha karena .... a. perusahaan menggunakan akuntansi untuk mencatat usahanya b. kemajuan perusahaan digambarkan malalui akuntansi c. akuntansi digunakan untuk menentukan laba atau rugi d. akuntansi merupakan alat untuk menyampaikan informasi kepada mereka yang berkepentingan e. akuntansi merupakan pencatatan seluruh transaksi keuangan 4. Bidang akuntansi yang kegiatannya menetapkan rencana operasi keuangan untuk periode tertentu dengan membandingkan hasil operasi dari rencana yang telah ditetapkan adalah .... a. akuntansi keuangan d. akuntansi anggaran b. akuntansi biaya e. akuntansi pemerintah c. akuntansi perpajakan 5. Akuntan yang bertugas merencanakan sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan, dan menyusun anggaran mengenai masalah perpajakan dalam suatu perusahaan adalah .... a. akuntan publik d.akuntanswasta b. akuntan intern e. government accountant c. akuntan pemerintah Kunci Jawaban : 1b, 2e, 3d, 4a, 5b Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester : X / 1 Pertemuan Ke : 3 dan 4 Alokasi Waktu : 6 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengerjakan persamaan dasar akuntansi Kompetensi Dasar : Mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi Indikator : * Transaksi keuangan teridentifikasi • Bentu persaman dasar akuntansi teridentifikasi • Transaksi dibukukan kedalam persamaan dasar akuntansi I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa Diharapkan dapat : a. Mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi b. Menyebutkan unsur – unsur laporan keuangan c. Meyebutkan pengertian akuntansi d. menjelaskan pengertian dari harta, utang dan modal e. mengidentifikasi bentuk persamaan dasar akuntansi II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN  Pengertian dan penggunaan persamaan dasar akuntansi  Unsur laporan keuangan  Pengertian tentang harta, hutang dan modal : III. PEMBENTUKAN NILAI – NILAI KEBANGSAAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab IV. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Diskusi Kelompok  Praktek IV. Kegiatan Pembelajaran PERTEMUAN KE 3 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar dan Indikator yang akan dipelajari. B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi Guru memberikan penjelasan tentang :  Pengertian dan penggunaan persamaan dasar akuntansi  Unsur laporan keuangan  Pengertian tentang harta, hutang dan modal :  Bentuk –bentuk persamaan dasar akuntansi  Pencatatan transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku – buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan Umpan Balik atas pertanyaan dari Siswa  Menegaskan pemahaman tentang persamaan dasar akuntansi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhr ( Penutup 15 Menit )  Membuat resume / rangkuman secara bersama – sama tentang bahasan :  Pengertian dan penggunaan persamaan dasar akuntansi  Unsur laporan keuangan  Pengertian tentang harta, hutang dan modal :  Penugasan / observasi  Mengadakan post test PERTEMUAN KE 4 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar dan Indikator yang akan dipelajari.  Memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mempelajari Akuntansi dalam kehidupan sehari – hari.  Mengarahkan siswa cara mempelajari materi Persamaan Dasar Akuntansi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang : a.Bentuk – bentuk persamaan dasar akuntansi b.Pencatatan transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku – buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan Umpan Balik atas pertanyaan dari Siswa  Menegaskan pemahaman tentang persamaan dasar akuntansi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 Menit )  Membuat resume / rangkuman secara bersama – sama tentang bahasan :  Bentuk –bentuk persamaan dasar akuntansi  Pencatatan transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi  Mengadakan latihan / evaluasi  Mengadakan latihan / evaluasi  Penugasan / observasi  Mengadakan post test V. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Laptop  Format / Dokumen yang diperlukan  LCD ( Fokus ) B.Sumber :  Buku modul  Buku sumber yang relevan VI. Penilaian  Test Tetulis Buatlah persamaan dasar akuntansinya dari data yang terdapat dibawah ini ! Pada tanggal 1 Juli 2008, Ny. Winda memutuskan mendirikan usaha "Salon Winda". Transaksi yang terjadi selama bulan Juli 2008 adalah sebagai berikut. 1 Juli 2 Juli 5 Juli 8 Juli lOJuli 15 Juli 20 Juli 25 Juli 30 Juli 31 Juli 31 Juli Ny. Winda menanamkan uangnya ke salon Rp20.000.000,00. Dibayar sewa gedung selama 1 tahun sebesar Rp3.000.000,00. Dibeli peralatan Rp2.500.000,00 secara kredit. Dibeli perlengkapan Rp750.000,00 baru dibayar Rp250.000,00 sisanya dibayar 2 minggu yang akan datang. Jumlah pendapatan sampai hari ini yang diterima tunai Rp750.000,00 sedangkan yang Rp 1.500.000,00 masih berupa tagihan. Dibayar utang atas pembelian peralatan tanggal 5 Juli yang lalu sebesar Rp500.000,00. Diterima tagihan dari debitur Rp250.000,00. Ny. Winda mengambil untuk kepentingan pribadi Rp500.000,00. Dibayar gaji pegawai Rp500.000,00. Jumlah pendapatan sampai hari ini yang diterima tunai sebesar Rp1.500.000,00 sedangkan yang masih berupa tagihan Rp2.500.000,00. a. Perlengkapan yang masih ada di gudang Rp500.000,00. ( saldo ) b. Penyusutan peralatan salon untuk bulan ini sebesar Rp 50.000,00. c. Beban sewa untuk bulan ini sebesar Rp 250.000,00. Catatlah transaksi tersebut ke dalam persamaan dasar akuntansi. lawab: No. Aktiva Kewajiban Ekuitas Keterangan Kas Piutang Dagang Perlengkapan Peralatan Akumulasi Penyusutan Peralatan Utang Dagang Modal Ny. Winda 1. 20.000.000 20.000.000 Setoran modal Ny. Winda 2. (3.000.000) ( 3.000.000 ) Beban sewa setahun 17.000.000 17.000.000. saldo 3. 2.500.000 2.500.000 Dibeli peralatan kredit 17.000.000 2.500.000 2.500.000 17.000.000 saldo 4. (250.000) 750.000 500.000 Dibeli perlengkapan tunai, kredit 16.750.000 750.000 2.500.000 3.000.000 17.000.000 saldo 5. 750.000 1.500.000 2.250.000 Pendapatan 17.500.000 1.500.000 750.000 2.500.000 3.000.000 19.250.000 saldo 6. (500.000) (500.000) Dibayar utang Pembelian 17.000.000 1.500.000 750.000 2.500.000 2.500.000 19.250.000 saldo 7. 250.000 (250.000) Diterima tagihan 17.250.000 1.250.000 750.000 2.500.000 2.500.000 19.250.000 saldo 8. (500.000 ) ( 500.000 ) Pengambilan pribadi (pr/ve) 16.750.000 1.250.000 750.000 2.500.000 2.500.000 18.750.000 saldo 9. (500.000 ) ( 500.000 ) Beban gaji 16.250.000 1.250.000 750.000 2.500.000 2.500.000 18.250.000 10. 1.500.000,00 2.500.000 4.000.000 Pendapatan 17.750.000 3.750.000 750.000 2.500.000 2.500.000 22.250.000 11. a (250.000) (250.000 ) Beban perlengkapan 17.750.000 3.750.000 500.000 2.500.000 2.500.000 22.000.000 saldo b. ( 50.000) ) ( 50.000 ) ) Penyusutan peralatan 17.750.000 3.750.000 500.000 2.500.000 ( 50.000) 2.500.000 21.950.000 saldo c. ( 250.000 ) ( 250.000 ) Beban sewa 17.500.000 3.750.000 500.000 2.500.000 ( 50.000) 2.500.000 21.700.000  Fortofolio  Praktek Langsung Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester : X/ 1 Pertemuan Ke : 5 dan 6 Alokasi Waktu : 6 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengerjakan Persamaan dasar akuntansi Kompetensi Dasar : Menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi. Indikator : * Harta, utang dan modal telah dikelompokan * Laporan keuangan tersusun I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa diharapkan dapat : a. Menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi. b. Meringkas transaksi dalam laporan keuangan II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN  Pengertian laporan keuangan  Format laporan keuangan  Jenis laporan keuangan III. PEMBENTUKAN NILAI – NILAI KEBANGSAAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab IV. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Praktek V. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke 5 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari persamaan dasar akuntansi  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang laporan keuangan  Mengarahkan siswa cara mempelajari laporan keuangan B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi. b. Meringkas transaksi dalam laporan keuangan B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman tentang laporan keuangan  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 1. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi. b. Meringkas transaksi dalam laporan keuangan Pertemuan Ke 6 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari Laporan Keuangan  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang laporan keuangan  Mengarahkan siswa cara mempelajari laporan keuangan B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: c. Menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi. d. Meringkas transaksi dalam laporan keuangan e. B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman tentang laporan keuangan  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 2. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi. b. Meringkas transaksi dalam laporan keuangan VI. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Format / Dokumen yang diperlukan  Laptop  LCD ( Focus ) B.Sumber :  Buku modul ( Modul Akuntansi 1A, Penerbit Erlangga )  Buku sumber yang relevan VII. Penilaian  Test Tetulis  Praktek Langsung Buatlah laporan keuangan dari data yang ada dibawah ini : No. Aktiva Kewajiban Ekuitas Keterangan Kas Piutang Dagang Perlengkapan Peralatan Akumulasi Penyusutan Peralatan Utang Dagang Modal Ny. Winda 1. 20.000.000 20.000.000 Setoran modal Ny. Winda 2. (3.000.000) ( 3.000.000 ) Beban sewa setahun 17.000.000 17.000.000. saldo 3. 2.500.000 2.500.000 Dibeli peralatan kredit 17.000.000 2.500.000 2.500.000 17.000.000 saldo 4. (250.000) 750.000 500.000 Dibeli perlengkapan tunai, kredit 16.750.000 750.000 2.500.000 3.000.000 17.000.000 saldo 5. 750.000 1.500.000 2.250.000 Pendapatan 17.500.000 1.500.000 750.000 2.500.000 3.000.000 19.250.000 saldo 6. (500.000) (500.000) Dibayar utang Pembelian 17.000.000 1.500.000 750.000 2.500.000 2.500.000 19.250.000 saldo 7. 250.000 (250.000) Diterima tagihan 17.250.000 1.250.000 750.000 2.500.000 2.500.000 19.250.000 saldo 8. (500.000 ) ( 500.000 ) Pengambilan pribadi (pr/ve) 16.750.000 1.250.000 750.000 2.500.000 2.500.000 18.750.000 saldo 9. (500.000 ) ( 500.000 ) Beban gaji 16.250.000 1.250.000 750.000 2.500.000 2.500.000 18.250.000 10. 1.500.000,00 2.500.000 4.000.000 Pendapatan 17.750.000 3.750.000 750.000 2.500.000 2.500.000 22.250.000 11. a (250.000) (250.000 ) Beban perlengkapan 17.750.000 3.750.000 500.000 2.500.000 2.500.000 22.000.000 saldo b. ( 50.000) ) ( 50.000 ) ) Penyusutan peralatan 17.750.000 3.750.000 500.000 2.500.000 ( 50.000) 2.500.000 21.950.000 saldo c. ( 250.000 ) ( 250.000 ) Beban sewa 17.500.000 3.750.000 500.000 2.500.000 ( 50.000) 2.500.000 21.700.000 Jawab : Rugi Laba SALON WINDA RUGI / LABA PERIODE JULI 2000 PENDAPATAN Rp. 6.250.000. BEBAN :  BEBAN SEWA Rp. 3.000.000  BEBAN GAJI Rp. 500.000  BEBAN SEWA Rp. 250.000  BEBAN PERLENGKAPAN Rp. 250.000  BEBAN PENY PERALATAN Rp. 50.000 JUMLAH BEBAN USAHA Rp. 4.050.000. LABA BERSIH Rp.2.200.000. LAPORAN PERUBAHAN MODAL SALON WINDA LAP. PERUBAHAN MODAL PERIODE JULI 2000 MODAL AWAL PENAMBAHAN MODAL LABA PRIVE PENAMBAHAN MODAL 2.200.000,00 (500.000,00) 20.000.000,00 1.700.000,00 NERACA NERACA SALON WINDA PERIODE JULI 2000 Aktiva Kewajiban dan Equitas Aktiva Lancar  Ks Rp. 17.500.000  Piutang dagang Rp. 3.750.000  Perlengkapan Rp. 500.000 Aktiva Tetap  Peralatan Rp. 2.500.000  Akm Peny ( Rp. 50.000 )  Rp. 2.450.000  Total Aktiva Rp. 24.200.000 Utang Jangka Pendek Utang Dagang Rp. 2.500.000 Equitas Modal Pemilik Rp. 21.700.000 Total Pasiva Rp. 24.200.000 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester X / 1 Pertemuan Ke : 1 dan 2 Alokasi Waktu : 6 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengelola bukti transaksi Kompetensi Dasar : Menyiapkan bukti transaksi keuangan Indikator : * Peralatan yang dibutuhkan untuk menyiapkan bukti transaksi tersedia. * Bukti transaksi keuangan yang diperlukan tersedia I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa diharapkan dapat : a. Menyiapkan bukti transaksi keuangan b. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk menyiapkan bukti transaksi keuangan c. Mengelompokan bukti transaksi d. Menyiapkan bukti transaksi II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN ( Materi Pokok )  Peralatan yang dibutuhkan untuk menyiapkan bukti transaksi  Bukti transaksi keuangan tersedia III. PEMBETUKAN NILAI – NILAI KEBANGSAAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab IV. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Diskusi Kelompok  Praktek V. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan Ke 1 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan bukti transaksi  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang macam macam bukti transaksi  Mengarahkan siswa cara mempelajari bukti transaksi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Bentuk bentuk bukti transaksi. b. Bagaimana menyiapkan bukti transaksi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman tentang bukti transaksi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 3. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. bentuk bentuk bukti transaksi. b. bagaimana menyiapkan bukti transaksi Pertemuan Ke 2 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari pengelompokan bukti transaksi  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang pengelompokan bukti transaksi  Mengarahkan siswa cara mempelajari pengelompokan bukti transaksi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Mengelompokan bukti transaksi b. Menyiapkan bukti transaksi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman tentang bukti transaksi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 4. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Mengelompokan bukti transaksi b. Menyiapkan bukti transaksi VI. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Format / Dokumen yang diperlukan  Laptop  LCD ( Focus ) B.Sumber :  Buku modul ( Modul Akuntansi 1A, Penerbit Erlangga )  Buku sumber yang relevan VII. Penilaian  Test Tetulis  Praktek Langsung  Pllihlah jawaban yang paling tepat untuk soal-soal di bawah in 1. Yang dimaksud transaksi perusahaan adalah .... a.seluruh kejadian di perusahaan b.seluruh kejadian dengan pihak ketiga c.seluruh kejadian yang berpengaruh pada pendapatan d.seluruh kejadian yang berpengaruh pada aktiva e.seluruh kejadian yang dapat diukur dengan uang 2. Bukti transaksi dari pengeluaran uang sebesar Rp1 .500.000,00 untuk membayar sewa ruangan disebut .... a. kuitansi d. nota debet b.cek e. nota kredit c. bilyet Giro 3. Surat perintah kepada bank dari orang yang menandatangani untuk membayar sejumlah uang yang tertulis dalam cek untuk orang yang membawanya disebut .... a. kuitansi d. nota debet b. cek e. nota kredit c. bilyet Giro 4. Surat perintah pemindahbukuan dari nasabah suatu bank kepada bank yang bersangkutan, untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima pada bank yang sama atau bank lain disebut .... a. kuitansi ' d. nota debet e. nota kredit b. cek c. bilyet Giro 5. Bukti transaksi pembelian atau penjualan barang secara kredit, bersama-sama dengan barangnya adalah .... a. faktur d. nota kredit b. nota kontan e. nota memo c. nota debet Kunci Jawaban : 1. A , 2.A, 3.B, 4.C., 5.A. Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E t SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester : X / 1 Pertemuan Ke : 3 - 6 Alokasi Waktu : 6 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengelola bukti transaksi Kompetensi Dasar : Menganalisa bukti transaksi keuangan Menyimpan bukti transaksi Indikator : * Kegunaan analisa transaksi disebutkan *. Peralatan yang dibutuhkan untuk penyimpanan bukti transaksi tersedia *. Tehnik penyimpanan bukti transaksi keuangan diterapkan I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa diharapkan dapat : a. Menganalisa bukti transaksi b. Menentukan jumlah yang di debet dan dikredit c. Menyiapkan bukti – bukti transaksi d. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk penyimpanan bukti transaksi keuangan. e. Menerapkan tehnik penyimpanan bukti transaksi II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN a. Menganalisa bukti transaksi b. Menentukan jumlah yang di debet dan dikredit c. Menyiapkan bukti – bukti transaksi d. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk penyimpanan bukti transaksi keuangan. e. Menerapkan tehnik penyimpanan bukti transaksi III. PEMBENTUKAN NILAI – NILAI KEBANGSAAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab IV. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Diskusi Kelompok  Praktek V. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan Ke 3 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari penganalisaan bukti transaksi  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang penganalisaan buktin transaksi  Mengarahkan siswa cara mempelajari pengganalisaan bukti transaksi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Menganalisa bukti transaksi b. Menentukan jumlah yang didebet dan dikredit B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman penganalisaan bukti transaksi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 5. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Mengenalisa bukti transaksi b. Menentukan jumlah yang didebebt dan dikredit. Pertemuan Ke 4 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari penyiapan bukti transaksi  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang penyiapan bukti transaksi  Mengarahkan siswa cara mempelajari penyiapan bukti transaksi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Mengelompokan bukti transaksi b. Menyiapkan bukti transaksi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman tentang bukti transaksi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 6. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Mengelompokan bukti transaksi b. Menyiapkan bukti transaksi Pertemuan Ke 5 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari pengelompokan bukti transaksi  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang pengelompokan bukti transaksi  Mengarahkan siswa cara mempelajari pengelompokan bukti transaksi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Mengelompokan bukti transaksi b. Menyiapkan bukti transaksi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman tentang bukti transaksi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 7. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Mengelompokan bukti transaksi b. Menyiapkan bukti transaksi Pertemuan Ke 6 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit ) ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari penyimpanan bukti transaksi  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang penyimpanan bukti transaksi  Mengarahkan siswa cara mempelajari penyimpanan transaksi B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk penyimpanan bukti transaksi keuangan. b. Menerapkan tehnik penyimpanan bukti transaksi B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman tentang bukti transaksi  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit )  Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk penyimpanan bukti transaksi keuangan. b. Menerapkan tehnik penyimpanan bukti transaksi VI. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Format / Dokumen yang diperlukan  Laptop  LCD ( Focus ) B.Sumber :  Buku modul ( Modul Akuntansi 1A, Penerbit Erlangga )  Buku sumber yang relevan  VII. Penilaian  Test Tetulis  Fortofolio  Praktek Langsung Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan yang dimaksud dengan transaksi keuangan! 2. Jelaskan yang dimaksud dengan bukti transaksi intern! 3. Jelaskan yang dimaksud dengan bukti transaksi ekstern! 4. Jelaskan yang dimaksud dengan faktur! 5. Jelaskan perbedaan antara nota debet dan nota kredit! Jawab : 1. Transaksi keuangan adalah semua kejadian yang terjadi didalam suatu perusahaan yang bisa mempengaruhi posisi keuangan perusahaan atau mempengaruhi posisi harta, utang dan modal perushaan dan mempunyai nilai nominal. 2. Bukti transaksi intern adalah bukti transaksi yang berasal dari dalam perusahaan sendiri atau yang terjadi didalam perusahaan tersebut. 3. Bukti transaksi ekstern adalah bukti transaksi yang berkaitan dengan pihak ketiga atau pihak luar perusahaan karena adanya transaksi yang berhubungan pihak luar. 4. faktur adalah bukti transaksi yang terjadi karena adanya transaksi pembalian yang dilakukan dengan kredit. 5. Perbedaan anatar Nota debet Dan nota Kredit. Nota debet adalah bukti transaksi keuangan yang terjadi akibat adanya pembelian yang dilakukan dengan kredit kemudian barang yang dibeli dikembalikan sebagian karena ada yang rusak atau tidak sesuai dengan pesanan . Nota Kredit adalah bukti transaksi keuangan yang terjadi akibat adanya pengembalian barang yang di jual kepada konsumen karena mungkin adanya kerusakan atau tidak sesuai dengan pesanan. Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester : X / 1 Pertemuan Ke : 1 dan 2 Alokasi Waktu :10 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengelola buku jurnal Kompetensi Dasar : Menyiapkan kartu pengelolaan buku jurnal Indikator : * Peralatan yang dibutuhkan untuk pengeloaan jurnal tersedia *. Data transaksi yang diperlukan tersedia *. Data transaksi di identifikasi I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa diharapkan dapat: a. Mempersiapkan pengelolaan buku jurnal secara teliti dan lengkap b. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan jurnal. c. Mengidentifikasi data transaksi d. Menyiapkan pengelolaan buku jurnal II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN  Pengelolaan Buku Jurnal III. PEMBENTUKAN NILAI – NILAI KEBANGSAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab III. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Diskusi Kelompok  Praktek IV. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan Ke 1 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari pengelolaan buku jurnal  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang pengelolaan buku jurnal  Mengarahkan siswa cara mempelajari pengelolaan buku jurnal B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. pengeloaan buku jurnal B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman pengelolaan buku jurnal  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 8. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Pengelolaan buku jurnal Pertemuan Ke 2 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari pengelolaan buku jurnal  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang pengelolaan buku jurnal  Mengarahkan siswa cara mempelajari pengelolaan buku jurnal B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. pengeloaan buku jurnal B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman pengelolaan buku jurnal  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Pengelolaan buku jurnal V. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Laptop  Format / Dokumen yang diperlukan  LCD ( Fokus ) B.Sumber :  Buku modul Akuntansi 1A ( Erlangga )  Buku sumber yang relevan VI. Penilaian  Test Tetulis  Fortofolio  Praktek Langsung a. Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk soal-soal di bawah ini! a. Perlengkapan Kantor Rp. 250.000 Utang Dagang Rp. 250.000 b. Perlengkapan Kantor Rp. 250.000 Kas Rp. 250.000 c. Perlengkapan Kantor Rp. 250.000 Beban Perlengkapan Rp. 250.000 d. Beban Perlengkapan Rp. 250.000 Perlengkapan Rp. 250.000 e. Beban Perlengkapan Rp. 250.000 Kas Rp. 250.000 1. Pada tanggal 8 Juni 2007 dibeli perlengkapan kantor Rp250.000,00 secara kredit. Jurnal dari transaksi tersebut adalah ... 2. Tanggal 2 Januari 2008 dibayar sewa untuk satu tahun Rp3.000.000,00. Jurnal dari transaksi tersebut adalah .... a. Sewa Dibayar di Muka Rp 3.000.000,00 Kas Rp 3.000.000,00 b. Sewa Dibayar di Muka Rp. 3.000.000,00 Beban Sewa Rp. 3.000.000,00 c. Beban Sewa Rp. 3.000.000,00 Sewa Dibayar di Muka Rp. 3.000.000,00 d. Sewa Dibayar di Muka Rp. 3.000.000,00 Utang Dagang Rp. 3.000.000,00 e. Beban Sewa Rp. 3.000.000,00 Utang Dagang Rp. 3.000.000.00 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester : X / 1 Pertemuan Ke : 3 dan 4 Alokasi Waktu : 16 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengelola buku jurnal Kompetensi Dasar : Melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal Indikator : * Akun – akun yang akan didebit dan dikredit teridentifikasi • Buku jurnal yang diperlukan untuk pencatatan transaksi teridentifikasi • Transaksi tercatat dalam buku jurnal yang tepat dan dalam jumlah yang benar. I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa diharapkan dapat a. Melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal dilakukan dengan teliti dan rapi b. Menerapkan prinsip teknik pengkodean akun.. c. Membedakan jurnal umum dan jurnal khusus d. Melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal. II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN  Mencatat transaksi dalam jurnal  MenerapkanTehnik pengkodean  Membedakan Jurnal umum dan jurnal khusus III. PEMBENTUKAN NILAI – NILAI KEBANGSAAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab IV. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Diskusi Kelompok  Praktek V. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan Ke 3 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang pencatatan transaksi dalam jurnal  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang pencatatan transaksi dalam jurnal  Mengarahkan siswa cara mempelajari pencatatan transaksi dalam jurnal B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. pencatatan transaksi dalam jurnal b. Pengkodean akun dalam jurnal B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman pencatatan transaksi dalam jurnal  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Pencatatan transaksi dalam jurnal b. Membuat kode akun dalam jurnal. Pertemuan Ke 4 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan mepelajari jurnal umum dan khusus serta melakukan pencatatan jurnal  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang jurnal umum dan khusus serta melakukan pencatatan jurnal  Mengarahkan siswa cara mempelajari jurnal umum dan khusus serta melakukan pencatatan jurnal B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) ( 60 menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Jurnal umum dan jurnal khusus b. Transaksi dicatat dalam jurnal B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman pencatatan transaksi dalam jurnal  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) 9. Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Perbedaan Jurnal umum dan khusus b. Melakiukan pencatatan transaksi dalam jurnal umum. VI. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Laptop  Format / Dokumen yang diperlukan  LCD ( Fokus) B.Sumber :  Buku modul Siklus Akuntansi 1A  Buku sumber yang relevan VII. Penilaian  Test Tetulis  Fortofolio  Praktek Langsung Soal latihan : Pada tanggal 1 Agustus 2008, Jn. Candra mendirikan biro jasa mengetik/rental, dengan nama "Mitra Widya". Transaksi yang terjadi selama Agustus 2008, antara lain: Agst 2 : Tn. Candra menginvestasikan sebagai modal awalnya: - Uang tunai Rp20.000.000,00 - Peralatan Rp15.000.000,00 Agst 5 : Dibayar uang sewa gedung untuk 2 tahun Rp6.000.000,00. Agst 7 : Dibeli perlengkapan Rp750.000,00 tunai dan peralatan Rp2.500.000,00 secara kredit. Agst 10 : Diselesaikan pekerjaan Rp750.000,00 diterima tunai dan sisanya Rp1.250.000,00 telahdifakturkan untuk ditagih dan dibukukan sebagai pendapatan. Agst 12 : Dibeli tambahan perlengkapan Rp750.000,00 tunai Agst 16 : Diterima tunai jasa pengetikan Rp750.000,00 dan sewa komputer Rp750.000,00. Agst 20 : Telah diselesaikan pekerjaan sebesar RpSOO.000,00, telah dikirim kepada pemesan, pembayaran seminggu setelah pengiriman. Agst 22 : Dibayar utang atas pembelran peralatan Rp500.000,00. Agst 25 : Diterima pembayaran sebagian tagihan dari debitur Rp5OO.000,00. Agst 27 : Diterima tagihan dari langganan yang pekerjaannya telah dikirim seminggu yang lalu sebesar Rp800.000,00. Agst 30 : Dibayar gaji pegawai Rp750.000,00. Agst 31 : Penyusutan peralatan untuk bulan ini diperhitungkan RplOO.000,00, beban sewa kantor Rp250.000,00, pemakaian perlengkapan Rp200.000,00. Buatlah jurnal umum kemudian buat rekapitulasinya! Akun-akun yang dibuka: Tanggai Keterangan Ref Debet Kredit 2008 Agst 2 Kas Peralatan Modal Tn. Candra 111 121 311 Rp 20.000.000,00 Rp 15.000.000,00 Rp 35.000.000,00 5 Sewa Dibayar di Muka Kas 113 111 Rp 6.000.000,00 Rp 6.000.000,00 7 Perlengkapan Kas (dibeli tunai) Peralatan Utang Dagang 114 111 121 211 Rp 750.000,00 Rp 750.000,00 Rp 2.500.000,00 Rp 2.500.000,00 10 Kas Piutang Dagang Pendapatan 111 112 411 Rp 750.000,00 Rp 1.500.000,00 Rp 2.000.000,00 12 Perlengkapan Kas 114 111 Rp 750.000,00 Rp 750.000,00 16 Kas Pendapatan 111 411 Rp 1.500.000,00 Rp 1 .500.000,00 20 Piutang Dagang Pendapatan 112 411 Rp 800.000,00 Rp 800.000,00 22 Utang Dagang Kas 211 111 Rp 500.000,00 Rp 500.000,00 Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester : X / 1 Pertemuan Ke : 5 dan 6 Alokasi Waktu : 10 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengelola buku jurnal Kompetensi Dasar : Melakukan rekapitulasi jurnal Indikator : * Jumlah debit dan kredit pada buku jurnal tersajikan dalam jumlah angka yang sama • Rekapitlasi untuk setiap akun tersajikan sesuai dengan format yang telah ditetapkan I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa diharapkan dapat a. Mengikhtisarkan rekapitulasi jurnal a. Melakukan rekapitulasi jurnal II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN  Rekapitulasi jurnal III. PEMBENTUKAN NILAI – NILAI KEBANGSAAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab IV. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Diskusi Kelompok  Praktek IV. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan Ke 5 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang rekapitulasi jurnal  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang rekapitulasi jurnal  Mengarahkan siswa cara mempelajari rekapitulasi jurnal B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Membuat rekapitulasi jurnal B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman rekapitulasi jurnal  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Rekapitulasi jurnal Pertemuan Ke 6 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang rekapitulasi jurnal  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang rekapitulasi jurnal  Mengarahkan siswa cara mempelajari rekapitulasi jurnal B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Membuat rekapitulasi jurnal B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman rekapitulasi jurnal  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : *. Rekapitulasi jurnal V. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Laptop  Format / Dokumen yang diperlukan  LCD ( Fokus ) B. Sumber :  Buku modul ( buku siklus akuntansi 1A, Erlangga )  Buku sumber yang relevan VI. Penilaian  Test Tetulis  Fortofolio  Praktek Langsung Contoh soal Terlampir Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat Hj. Sutami, S.Pd Abdul, S.E SMK KEMALA BHAYANGKARI DELOG JL. Ampera Raya, Komplek POLRI Ragunan, Ps. Minggu Jakarta Selatan Tlp. 021 – 788 44 934 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Produktif Akuntansi Kelas / Smester : X/ 2 Pertemuan Ke : 1 dan 2 Alokasi Waktu : 6 jam x 45 menit Standar Kompetensi : Mengelola buku besar Kompetensi Dasar : Mempersiapkan pengelolaan buku besar Indikator : * Peralatan yang dibutuhkan untuk pengeloaan buku besar tersedia *. Buku besar yang diperlukan tersedia *. Rekapitulasi jurnal tersedia *. Bukti –bukti transaksi tersedia I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa diharapkan dapat a. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besardan pembantu b. Menjelaskan bentuk – bentuk buku besar dan buku pembantu c. Mempersiapkan pengelolaan buku besar II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN  Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolan buku besar dan buku pembantu.  Bentuk – bentuk buku besar dan buku pembantu III. PEMBENTUKAN NILAI - NILAI KEBANGSAAN  Rasa Ingin Tahu  Kerja Keras  Jujur  Kerja Sama  Disiplin  Mandiri  Kreatif  Tanggung Jawab IV. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah  Penugasan  Tanya Jawab  Diskusi Kelompok  Praktek V. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE 1 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan pengelolaan buku besar  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang pengelolaan buku besar  Mengarahkan siswa cara mempelajari pengelolaan buku besar B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Pengelolaan buku besar b. Peralatan yang dibutuhkan dalam pengelolaan buku besar B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman pengelolaan buku besar  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) C.1 Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Pengelolaan buku besar b. Perlatan dalam pengelolaan buku besar PERTEMUAN KE 2 A. Kegiatan Awal ( 15 Menit )  Memeriksa kesiapan siswa dan kehadiran siswa  Menginformasikan kepada siswa tentang SK, KD dan Indikator yang akan dipelajari  Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran tentang kegunaan pengelolaan buku besar  Melakukan apresepsi dengan menyampaikan pengantar singkat tentang pengelolaan buku besar  Mengarahkan siswa cara mempelajari pengelolaan buku besar B. Kegiatan Inti ( 60 Menit ) B.1. Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan tentang: a. Reakpitulasi jurnal b. Bukti transaksi c. Buku pembantu B.2. Elaborasi  Siswa membaca buku buku yang sesuai dengan materi  Siswa mendiskusikan tugas / materi  Siswa bertanya kepada guru B.3. Konfirmasi  Memberikan umpan balik atas pertanyaan dari siswa  Menegaskan pemahaman pengelolaan buku besar  Menegaskan jawaban soal – soal latihan C. Kegiatan Akhir ( Penutup 15 menit ) C.1 Membuat resume / rangkuman secara bersama sama tentang : a. Reakpitulasi jurnal b. Bukti transaksi c. Buku pembantu VI. Alat Dan Sumber Belajar A. Alat ;  Alat tulis kantor  Format / Dokumen yang diperlukan  LCD ( Fokus ) B.Sumber :  Buku modul  Buku sumber yang relevan VII. Penilaian  Test Tetulis  Fortofolio  Praktek Langsung Contoh soal terlampir Jakarta, 1 Agustus 2011 Mengetahui, Kepala Sekolah SMK K Bhayangkari Delog Guru Mata Diklat

RPP KARAKTER BANGSA

RPP KARAKTER BANGSA 2011